Rabu, 03 November 2010

Headline
17 klub sepakbola profesional deklarasikan Liga Primer Indonesia

17 klub sepakbola Indonesia hari ini secara resmi mendeklarasikan pembentukan Liga Primer Indonesia (LPI) dan memasuki era baru sepakbola profesional. LPI merupakan kompetisi sepakbola yang mandiri dan profesional dari dan untuk klub sepakbola profesional. Liga ini bukan merupakan liga tandingan terhadap liga yang ada saat ini, sebaliknya bertujuan meningkatkan standar, nilai dan kualitas persebakbolaan Indonesia.

“17 klub sepakbola yang sepakat membangun LPI merupakan bukti nyata bahwa klub-klub tersebut menginginkan sebuah liga yang dikelola secara mandiri dan profesional,” ungkap Arya Abhiseka, General Manager Bidang Liga LPI. “Ke-17 klub telah telah sepakat atas regulasi umum, panduan dasar liga dan simulasi jadwal pertandingan.”

Semangat ke-17 klub dalam membangun LPI juga merupakan komitmen setiap klub bagi peningkatan standar sepakbola, baik secara organisasi maupun keuangan. “Klub-klub memandang bahwa sistem bantuan permodalan dan sistem bagi hasil pendapatan yang ditawarkan LPI dapat membuat klub mandiri secara keuangan dan profesional dalam pengeloaan,” tambah Arya.

Demi mencapai kemandirian, LPI memberikan bantuan modal awal kepada setiap klub peserta agar terlepas dari ketergantungan pada dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Modal dasar tersebut bervariasi antar klub sesuai hasil audit yang telah diselenggarakan.

Selain itu, LPI menganut azas pembagian pendapatan secara transparan dan bertanggung jawab kepada klub peserta. Sesuai kesepakatan bersama klub, pembagian pendapatan LPI akan dilakukan berdasarkan 2 skema. Skema pertama adalah untuk pendapatan liga (mis: sponsor liga, hak siar, dll), dimana seluruh klub memperoleh bagian pendapatan sebesar 50%, para juara sebesar 30% dan konsorsium memperoleh 20%. Skema kedua mengatur pembagian hasil atas pendapatan pertandingan (mis: sponsor lokal, hak siar, tiket), dimana klub tuan rumah akan memperoleh bagi hasil pertandingan sebesar 75% dan tim tamu memperoleh bagian sebesar 25%.

Arya menambahkan bahwa LPI akan segera bergulir pada 8 Januari 2011. Meskipun demikian, LPI akan menyelenggarakan pertandingan pra musim kompetisi (pre season tournament) di Medan, Surabaya dan Makassar. "Akan ada kejutan-kejutan dan pertandingan-pertandingan seru yang disajikan oleh LPI dan klub-klub pesertanya,” tambah Arya.

17 Klub Peserta LPI

  1. 1. Arema
  2. 2. Bali FC
  3. 3. Bandung FC
  4. 4. Batavia FC
  5. 5. Bogor Raya FC
  6. 6. Jakarta FC
  7. 7. Manado United
  8. 8. Medan Chiefs (d/h Pro Titan)
  9. 9. Persebaya Surabaya
  1. 10. Persema Malang
  2. 11. Persibo Bojonegoro
  3. 12. Persis Solo
  4. 13. PSM Makassar
  5. 14. PSMS Medan
  6. 15. PSPS Pekanbaru
  7. 16. Semarang United
  8. 17. Semen Padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar